My Skincare Routine

My Skincare Routine


Halohalohaaaa…chuuuu!

Pagi kali ini cerah sekali, seperti masa depan saya bersama mas gula fufufu. Anyway, saya mau tanya para girls lebih sering treatment di klinik kecantikan atau skincare-an mandiri, nih? APAAA??? Ooohhh, ada yang pergi ke klinik kecantikan dan skincare-an di rumah. Okey okey.

*kalau mbak Soang yang mana nih? Saya yang skincare-an di rumah yehey. Sejujurnya mau pergi ke klinik kecantikan, tapi saya takut kalau ketergantungan. Maka dari itu, saya memilih skincare mandiri di rumah, dan uang di dompet saya agak engap yaaa kalau tiap bulan harus terbang ke luar fufufu.

Saya punya kulit yang sangat sangat sensitif. Saya menghindari produk-produk yang tidak resmi atau bahan-bahannya berbahaya, khususnya untuk kulit wajah. Karena saya tahu, saya punya kulit yang begitu sensitif jika terkena bahan-bahan keras.

 

Kali ini, saya akan sedikit membuka resep merawat kulit saya yang sudah lama saya lakukan, baik secara modern maupun tradisional. Let’s goooo!

 

1. Double Cleansing

Saya sudah lama menerapkan cara ini untuk membersihkan kulit wajah saya. Biasanya sebelum saya mandi, saya akan melakukan metode membersihkan wajah sebanyak dua kali, dimulai dengan milk cleanser yang dibersihkan dengan pembersih berbahan dasar minyak. Kemudian membersihkan wajah sekali lagi menggunakan pembersih berbahan dasar air.

Hal ini sangat bermanfaat bagi kulit wajah saya karena akan mengangkat lebih bersih kotoran-kotoran pada pori-pori kulit, kulit juga lebih lembap dan lembut, mencegah masalah kulit yang lainnya, mencegah penuaan kulit dan masih banyak lagi manfaatnya.

 

2. Kurangi Mencuci Wajah Terus-Menerus


Jangan terlalu sering mencuci wajah. Hal ini akan membuat kulit wajah lebih cepat kering dan terlihat kusam. Biasanya saya hanya mencuci wajah sebanyak 2 kali sehari menggunakan facial foam sesuai tipe dan kebutuhan kulit wajah saya. Saya lebih banyak menggunakan produk berbahan dasar matcha, charcoal, lemon.

 

3. Scrub Wajah

Saya rajin scrub wajah untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati yang menumpuk. Saya melakukan eksfoliasi 2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk produk yang saya pakai, saya memilih produk dengan butiran scrub yang tidak kasar, sehingga membuat kulit saya tidak terasa perih saat pengangkatan kotoran juga sel kulit mati.


4. Menguapkan Wajah 


Entah kenapa hal ini sering saya lakukan, berawal dari membuka panci nasi yang masih panas, uapnya bermunculan dan mengenai kulit wajah saya. Saat itu saya menguapkan wajah saya di atas uap nasi *pfffttt ini kalau ketahuan mama bisa kena jewer sih. Menguapkan wajah bisa membantu membuka pori-pori dan melembutkan komedo. Alhasil, komedo dengan mudah dikeluarkan. Saya sering menguapkan wajah saya di pagi hari, ini juga membantu saya untuk mendapatkan wajah yang lembap, kenyal dan glowing. (Glow in the dark fufufu).

5. Rajin Gunakan Face Mask

Produk yang sangat saya sukai adalah face mask. Baik dalam produk kemasan maupun masker tradisonal buatan sendiri. Saya selalu menggunakan masker wajah. Setiap malam, saya akan selalu menggunakan masker wajah untuk tidur. Kulit wajah butuh nutrisi saat istirahat dan masker penyelamat kulit wajah saya. Saya juga membuat masker tradisional dari bahan dasar kopi hitam dan campuran minyak zaitun, atau air mawar, masker tomat, masker timun, masker bubuk beras, masker madu, masker putih telur.





Jenis masker wajah yang saya pakai seperti sheet mask, clay mask, mud mask, peel off mask, wash off mask, sleeping mask, exfoliating mask, cream mask, dan gel mask. Bisa dilihat, betapa cintanya saya dengan dunia per-maskeran wajah kekeke

 

6. Merendam Wajah dengan Es Batu

Saya rutin melakukan cara ini selama dua tahun yang lalu, merendam wajah dengan es batu beberapa menit. Ice bath facial, membantu mengecilkan pori-pori kulit saya, menjaga kulit saya tetap segar dan glowing, serta mengatasi jerawat yang meradang. Biasanya saya akan merendam wajah saya selama 1-2 menit kemudian menempelkan es batu di area kantung mata, pipi, dagu, dahu, bibir, dan hidung. Cara ini bisa membuat saya merelaksasikan kulit wajah saya.

 

7. Memijat Wajah dengan Gua Sha dan Minyak Zaitun 

Selain menggunakan produk kulit, saya juga memijat kulit wajah saya dengan menggunakan minyak zaitun dan gua sha. Cara ini bisa mengatasi keluhan di kulit wajah, membantu meredakan ketegangan di wajah, mengurangi bengkak, memperbaiki struktur wajah, mengencangkan kulit wajah, memaksimalkan penyerapan skincare, kulit tampak awet muda dan wajah lebih relaks.

 

8. Minum Air Mineral


Jujur, saya peminum berat (huh?), maksudnya peminum berat air mineral kekeke. Di rumah, semua anggota keluarga sangat suka minum air mineral. Nah, hal ini juga sangat bagus untuk membantu kulit wajah tidak terhidrasi. 


Perbanyak minum air mineral juga membantu pencernaan semakin lancar dan sehat. Hal ini juga yang membuat saya gemar menjadi peminum berat air mineral, agar tubuh dan kulit tidak mengalami dehidrasi parah.

 

9. Perbanyak Konsumsi Sayuran dan Buah

Sering dengarkan, dua makanan ini sangat berperan penting bagi kesehatan tubuh kita. Perbanyak makan sayuran bisa berdampak juga dengan kesehatan kulit kita. Kulit akan terlihat segar dan sehat, tidak layu dan lesu. Sedangkan memakan buah-buahan, juga bagus untuk menutrisi tubuh kita baik sistem pencernaan maupun dampak bagi kulit kita. Perbanyak makan buah bervitamin C membuat kulit semakin cerah, dan kesehatan tubuh akan lebih bisa terlindungi.

 

10. Istirahat yang cukup

Sejujurnya, hal ini sangat penting sekali ya manteman. Istirahat yang cukup dengan pemilihan jam yang baik, bisa membuat tubuh semakin bugar dan semangat menjalani kegiatan. Kulit kita juga butuh istirahat untuk meregenerasi sel-sel baru. Saya masih cukup kesulitan mengatur pola istirahat yang baik, meskipun begitu, saya berusaha untuk menjaga kesehatan saya.

*yaaa meskipun sudah ada dark eyes di bawah mata ya fufufu.

 

11. Kelola Stres dengan Baik

Kalau ngomongin soal stres, saya jarang stres. Tapi sekali stres udah tahap yang cukup bikin geleng-geleng kepala. Yaaa, untungnya saja tantrum saya tidak keluar setiap saat kekeke. Saya bisa mengelola stres saya dengan sangat baik. Saya akui, saya tidak terlalu memusingkan banyak masalah, mungkin saat itu saya akan mengomel dan marah. Namun, setelahnya saya akan seperti biasa. Begitu santai dan tenang seakan-akan tak terjadi apa-apa.

Girls, dampak stres yang ditimbulkan begitu memiliki dampak yang cukup besar bagi kesehatan kulit, bahkan keseluruh tubuh. Stres yang tidak dikelola dengan benar, akan membuat kulit terlihat tak terawat, kusam bahkan terlihat lesu dan kehilangan semangat. Maka dari itu, jangan terlalu stres ya girls. Dunia sudah penuh kegilaan, jadi mari menggila untuk tetap waras.

Banyak ya tips menjaga kulit alat mbak Soang? Hahaha. Yasudah, gakpapa dibaca aja sembari dihayati. Oke, thanks a lot, guys. See you!



Sincerely with love,


RB. Senandika








Komentar

  1. Itu air mineral sa kolkas kolkas gimanaaa abisinnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, ngemilnya air putih biar sehat kekekek

      Hapus
  2. Trimakasih kak tips nya,,. Perlu di coba tips2nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. anytimeee, silahkan dicoba ya kak, semoga membantu. new year new life new version eaaa

      Hapus
  3. Ini kayanya kalau diikuti semua tipsnya bakal bisa secantik Song Hye Kyo atau Kim Tae Hee, atau Bella Hadid ya kak. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. semuanya boleh kekekeke, tapi aku pilih mbak Bela Hadid my role model fufufu

      Hapus
  4. tips nya menarik,, namun ku belum pasti bisa melakukan semuanya, secara konsisten.. huuuuhuuuu T-T

    BalasHapus
    Balasan
    1. gakpapa kak, saya juga awalnya gak ujuk2 langsung semua kok ixixixi step by step

      Hapus
  5. Alu belum pernah merendam wajah dengan es. Enak ga sih hasilnya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi lebih fresh, lebih kerasa bersihnya, gak ngantukan jadinya. meremajakan kulit juga sih kak... mari coba2.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Little Facts About ME!

5 Aplikasi Yang Membuat Saya Tidak Pernah Berpaling Hati

My Sweet Letters to My Special People